Life Is Wonderful - "Michael Jackson dalam Kenangan"

Sudah satu bulan lebih Michael Jackson (1958 - 2009) berpulang kepada Tuhan YME, sang penguasa kontrak hidup manusia. Namun berita seputar mega bintang musik pop ini masih menghiasi berbagai media meskipun tidak segencar minggu-minggu pertama kematiannya. Semua orang masih tertarik mengikuti berita tentang sang idola, sebab sampai saat ini masih sangat banyak misteri di balik hidupnya, kematiannya, kondisi jasadnya. Bahkan dimana jasad bintang ternama ini akan dimakamkan masih menjadi teka-teki yang menarik untuk diikuti.

Begitu besar daya tarik Michael Jakson sehingga segala hal tentang dirinya selalu ingin diketahui orang. Saya sendiri sebenarnya bukan fans berat Michael Jackson. Tetapi saya tertarik untuk mendalami mengapa seorang Michael Jackson dapat menjadi sosok yang begitu populer, memiliki kesuksesan, fans setia, kekayaan, dan lain sebagainya.

Terlepas dari kontroversi yang telah ia ciptakan, Michael Jackson memiliki banyak sekali kelebihan. Sisi positif itulah yang sangat berperan mengubah hidupnya menjadi penuh gelimang kesuksesan. Kelebihan-kelebihan Michael Jackson diantaranya adalah:

  1. Kemauan memperbaiki kemampuan terus menerus

Michael Jackson sudah meniti karir sejak berusia 5 tahun. Ia terus melatih kemampuan vokal dan menari dengan belajar dari orang-orang hebat pada masanya, diantaranya adalah Elvis Presley, James Brown, dan lain sebagainya. Kebiasaan memperbaiki kemampuan ternyata masih ia lanjutkan bahkan sampai akhir hayatnya

  1. Kreatif

Kemampuan Michael Jackson dalam menggabungkan jenis musik Funk, Soul dan Rock tak perlu diragukan lagi. Ia menciptakan ciri khas suara, gerak dan gaya tersendiri, contohnya tari Moonwalk dan video Thriller Zombie. Kreatifitas Michael Jackson yang tinggi tak lepas dari kecintaannya pada dunia tarik suara dan tari.

Sebagaimana dulu ia pernah mengatakan, “Music has been my outlet, my gift to all the lovers in this world. Through it, music, I know I will live forever. – Musik adalah saluranku, kadoku untuk seluruh pecinta di dunia ini. Melalui ini, musik, saya tahu bahwa saya akan hidup selamanya.”

  1. Memiliki keyakinan dan kemauan yang besar dan bekerja maksimal untuk menjadikan kehidupannya lebih baik.

Tahun-tahun kehidupan Michael Jackson dulu penuh tantangan, jauh lebih sulit dibandingkan anak-anak kebanyakan. Tetapi dengan keyakinan, kemauan dan usaha maksimal, Michael Jackson mampu meraih sukses di dunia keartisan. Sebagaimana sering diberitakan, album Thriller (1982) konon sudah terjual 150 juta kopi di seluruh dunia. Album lain yang tak kalah laris adalah Off the Wall (1979), Bad (1987), Dangerous (1991) dan HIStory (1995).

  1. Membuka diri terhadap semua perbedaan

Keterbukaan sikap dan pola pikir Michael Jackson mempengaruhi karya-karyanya yang mampu menembus segala perbedaan. Michael Jackson populer dan diterima di semua benua, termasuk di negara komunis Uni Soviet dan China yang baru membuka diri pada dunia luar. Michael Jackson merupakan artis dan orang asing pertama yang muncul di televisi Uni Soviet tahun 1989.

  1. Memiliki empati dan kedermawanan yang tinggi

Tak sedikit dana yang ia salurkan untuk membantu sesama. Tahun 1984 ia menerima penghargaan dari presiden AS Ronald Reagan atas bantuan dana kepada penderita penyakit akibat penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, serta memberikan bantuan sebesar 5 juta USD kepada badan sosial.

Tahun 1985 bersama Lionel Richie, Michael Jackson mendonasikan seluruh hasil penjualan album We Are The World untuk membantu orang miskin di Amerika dan Afrika. Tahun 1992 ia mendirikan Heal The World Foundation (HTWF) untuk melawan kekerasan, eksploitasi kaum lemah: anak-anak, remaja, maupun hewan, serta mengatasi masalah kelaparan, gelandangan, dan degradasi moral manusia.

Tahun 2000 ia masuk dalam Guinness Book of World Records karena memberikan bantuan dana kepada kepada 39 badan sosial. Sementara itu banyak lagu-lagu yang ia senandungkan membangkitkan semangat manusia untuk saling menghargai, mencintai dan menolong. Seorang aktifis hak-hak sipil, Al Sharpton, berkata, “Michael made us love each other. – Michael membuat kita semua saling mencintai satu sama lain.”

  1. Unik

Sejak belia, Michael Jackson sudah sangat berbakat di dunia seni. Kemampuannya unik, sehingga terlihat selalu terbaik diantara seniman yang lain. Banyak artis terinspirasi olehnya, tetapi sedikit sekali yang mampu menyaingi kemampuannya.

  1. Fokus pada kualitas

Jutaan tiket konser This Is It 50 sudah habis terjual merupakan bukti kehadirannya selalu dinanti. Belum lagi upacara penghormatan terakhir untuk Michael Jackson di Staples Center, Los Angeles pada 7 Juli 2009 dihadiri 20.000 orang terdiri dari anggota keluarga, selebriti dan fans yang disaksikan melalui televisi oleh 31,14 juta penonton di Amerika dan puluhan juta orang lainnya di dunia mencerminkan kecintaan fans pada sang bintang.

Karakteristik Michael Jackson dalam memfokuskan diri pada kualitas karya untuk kepentingan konsumen merupakan faktor penting merebut loyalitas fans. Kemampuan Jacko ini sangat menginspirasi bagaimana meraih kesuksesan di bidang apapun dengan mudah. Terlebih jika ditambah dengan memberikan pelayanan terbaik.

Terlepas dari segala kontroversi dan kekurangan yang ia miliki, Michael Jackson masih memiliki kelebihan-kelebihan. Semoga beberapa poin mengenai sisi positif Michael Jackson memberi Anda inspirasi bagaimana cara menjadi sepopuler dan sekaya Michael Jackson. Tak ada salahnya mencoba, mumpung nyawa masih menemani raga.